Contoh Energi Alternatif
Contoh Energi Alternatif

7 Contoh Energi Alternatif

Pada kesempatan kali ini, kita akan coba membahas 7 contoh energi alternatif yang bermanfaat bagi kehidupan manusia, tapi sebelum masuk ke pembahasan utama mari kita simak mengenai apa sih itu energi alternatif….

Definisi Energi Alternatif

Energi Alternatif atau tenaga terbarukan adalah tenaga substitusi bahan bakar fosil. Tenaga pilihan ini diterapkan untuk mengurangi penerapan bahan bakar hidrokarbon yang bisa merusak lingkungan dan pemanasan global dari emisi karbondioksida yang tinggi.

Dengan meningkatnya teknologi, tenaga alternatif masih terus dioptimalkan. Seiring berjalannya waktu tenaga tidak terbarukan mulai ditinggalkan sebab merusak lingkungan dan berakibat buruk bagi kelangsungan hidup di masa depan.

Contoh Energi Alternatif

Apa saja energi alternatif yang sekarang sedang diaplikasikan dan dioptimalkan untuk konsisten menjaga ekosistem lingkungan? Simak 7 contoh energi alternatif berikut ini.

  1. Panas Sang Surya

Dalam 7 contoh energi alternatif ini, kita coba memulai dengan energi dari sang surya, karena ini adalah energi yang luar biasa besarnya.

Selain itu, Sang Surya adalah sumber tenaga utama di bumi. Hampir segala tenaga yang berada di bumi berasal dari sang surya.

Tenaga radiasi cahaya sang surya dapat diubah menjadi tenaga listrik dan tenaga kalor.

Perlengkapan yang menerapkan sel-sel surya dapat segera merubah tenaga radiasi cahaya sang surya menjadi tenaga listrik.

Dewasa ini sel-sel surya telah umum ditemui dipasang di atap-atap rumah, atap-atap rumah sakit, dan atap-atap hotel untuk kebutuhan mandi air hangat.

Satu-satunya persoalan yang dihadapi dalam pemanfaatan tenaga ini ialah sang surya tak senantiasa bercahaya jelas sepanjang hari.

Pada kehidupan sehari-hari, tenaga sang surya diterapkan untuk mengeringkan baju, menjemur padi, membikin garam, dan sebagainya.

  1. Panas Bumi

Tenaga panas bumi ialah tenaga yang dibuat oleh magma di dalam perut bumi.

Tenaga panas bumi disebut juga tenaga geotermal. Tenaga ini banyak dipakai khususnya di tempat-tempat pegunungan.

Batuan panas yang terwujud sebagian kilometer di bawah permukaan bumi memanaskan air di sekitarnya sehingga akan dijadikan sumber uap panas atau geiser.

Sumber uap panas ini kemudian dibor.

Uap panas yang keluar dari lubang pengeboran, sesudah disaring, dapat dipakai untuk menggerakkan turbin yang akan memutar generator sehingga menciptakan tenaga listrik.

Untuk menjaga supaya kapasitas sumber uap panas tak berkurang, karenanya air dingin disuntikkan kembali ke dalam tanah.

Pembangkit listrik yang memanfaatkan tenaga panas bumi disebut Pusat Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP).

Persoalan yang dihadapi dalam pemanfaatan tenaga panas bumi ialah susahnya pengeboran tanah, tarif yang tinggi, dan sedikitnya daerah yang memenuhi prasyarat untuk pembangunan PLTP.

  1. Air

Contoh energi alternatif lainnya adalah air. Air menjadi sumber tenaga yang terbarukan. Arus air ini bisa menggerakan kincir atau turbin air yang kemudian dialihkan menjadi tenaga listrik. Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) ini menerapkan arus sungai, ombak, dan air terjun sebagai pembangkit tenaga ini.

Air Adalah Contoh Energi Alternatif
Air Adalah Contoh Energi Alternatif
  1. Biomassa

Biomassa ini adalah tenaga yang terbarukan yang berupa cangkang sawit, sekam padi, tongkol jambu, ampas tebu, serbu kayu dan tenaga dari limbah pertanian. Tenaga biomassa ini diinginkan dapat menekan pemakaian bahan bakar fosil untuk memenuhi keperluan rumah tangga dan listrik.

Biomassa
Biomassa
  1. Etanol

Entanol adalah tenaga yang berasal dari alkohol yang mengalami pengerjaan fermentasi pada tumbuhan seperti gandum dan jagung yang diterapkan sebagai bahan bakar minyak.

Ethanol
Ethanol

6. Tenaga Angin

Contoh energi alternatif berikutnya adalah angin ialah salah satu sumber tenaga pilihan yang murah dan tak mengakibatkan polusi yang membahayakan.

Penerapan tenaga angin juga diterapkan pada kincir angin yang menciptakan listrik.

Baling-baling pada kincir angin akan berputar pesat jika ada angin besar yang berhembus. Putaran ini dapat menggerakkan turbin pada suatu pembangkit energi listrik.

Jadi, tenaga angin bisa dibuat sumber pembangkit daya listrik.

Persoalan yang dihadapi pada pemanfaatan tenaga angin dalam wujud kincir angin ini, antara lain, sebagai berikut:

  • Ukurannya besar sehingga tak menghemat tempat dan mahal, padahal daya listrik yang diciptakan kecil. Oleh sebab itu, harga rupiah per watt lebih mahal ketimbang sumber tenaga konvensional (minyak bumi, dan batu bara).
  • Kecepatan angin yang diperlukan cukup tinggi. Dengan demikian cuma sedikit tempat di dunia yang memenuhi prasyarat ini.

7. Kekuatan Gelombang

Contoh energi alternatif yang terakhir adalah energi gelombang. Tenaga gelombang merupakan tenaga alternatif yang memanfaatkan gelombang dari pasangnya air laut.

Tetapi penerapan tipe tenaga ini masih sedikit. Sebab kecepatan ombak yang tidak terduga mengakibatkan tenaga ini tak stabil.

Disamping itu untuk membikin alat pembangkit tenaga gelombang ini juga memerlukan tarif yang besar.

Itu lah beberapa pembahasan mengenai 7 contoh energi alternatif, semoga bermanfaat bagi kita semua dan kita jadi tersadarkan bahwa masih banyak sumber energi yang dapat dimanfaatkan serta ramah terhadap kehidupan di masa depan. Yuk kita analisis mana enegi alternatif yang dapat kita terapkan sedini mungkin untuk keperluan kita.

(Baca Juga : Analisis Fishbone : Definisi dan Manfaatnya)

Leave a Reply

Your email address will not be published.