Cara memasang kabel UTP
Cara memasang kabel UTP

Bagaimana Memasang Kabel UTP Dalam Membangun Jaringan Komputer?

Selamat datang di ruangstudi.com tempat belajar segala hal, kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai cara memasang kabel UTP (Unshield Twisted Pair). Unshield artinya kabel jenis ini tidak dilengkapi dengan pelindung berupa aluminimu sehingga kurang mampun menahan interferensi elektromagnetik. Berbeda dengan kbel STP (Shield Twisted Pair) yang saling berlilitan pada setiap pasangan.

Kebel UTP terdiri dari 8 kabel yang memiliki warna berbeda-beda dan disusun secara melilit pada setiap pasang warna sehingga menjadi 4 pasang untuk mengurasi kebocoran kabel dan induksi.

Dalam Memasang Kabel UTP Perhatikan Warnanya

Tau kah kalian bahwa setiap warna dari kabel UTP menunjukkan fungsinya masing-masing sebagai salah satu bagian dari kabel jaringan. Karena itu dalam memasang kabel UTP kalian harus perhatikan warna-warnanya yang terangkum sebagai berikut :

a. Oren : kabel oren berfungsi untuk penghantar paket data

b. Putih-oren : kabel putih oren berfungsi sebagai penghantar paket data

c. Putih-hijau : kabel putih-hijau berfungsi sebagai penghantar paket data

d Hijau : berfungsi sebagai penghantar peket data

e. Biru : berfungsi sebagai penghantar paket suara

f. Putih-biru : berfungsi sebagai paket suara

g. Coklat : berfungsi menghantarkan tegangan DC

h. Putih-coklat : berfungsi menghantarkan tegangan DC

Fungsi Kabel UTP

Sebelum belajar memasang kabel UTP alangkah lebih baik mempelajari fungsinya secara keseluruhan berikut ini :

1. Penghubung antar komputer

Dengan memasang kabel UTP secara cross-over maka kabel UTP dapat dimanfaatkan untuk menghubungkan komputer yang satu dengan komputer yang lainnya.

2. Penghubung komputer dengan HUB atau Switch

Fungsi yang kedua ini adalah menghubungkan lebih dari dua host. Dalam konteks ini host tidak selalu komputer namun bisa juga printer, scanner, faximile, maupun yang lainnya yang mendukung koneksi ke HUB atau Switch.

3. Penghubung Router dengan HUB atau Switch

Fungsi kabel UTP yang ketiga adalah penghubung router dengan HUB atau Switch. Dalam mencapai fungsi ini, memasang kabel UTP harus dengan dengan susunan Straight-through. Urutan kabel antara warna yang pertama dengan warna kabel kedua adalah sama.

4. Sebagai USB extender

Ini merupakan kabel yang dimanfaatkan untuk memperpanjang jarak antara USB port dengan USB connector. Ini umumnya dilakukan untuk mensiasati harga kabel USB extender yang mahal.

5. Sebagai extender kabel printer

Memperpanjang jarak kabel printer agar terhubung dengan laptop maupun komputer adalah fungsi berikutnya dari kabel UTP. Cara memasang kabel UTP untuk hal ini, sama dengan cara membuat kabel USB extender. Hanya perlu menyesuaikan dengan jack yang ada pada printer anda.

Cara Memasang Kabel UTP

Dalam konteks memasang kabel UTP, kita akan membaginya menjadi beberapa segemen. Yaitu sebagai berikut

1. Peralatan yang perlu disiapkan

Beberapa peratalan serta bahan yang perlu disiapkan dalam memasang kabel UTP adalah sebagai berikut :

a. Kabel UTP

Kabel UTP (Unshield Twisted Pair) yang umumnya dipakai adalah kategori 5. Karena kabel UTP jenis mampu transfer data mencapai 100 Mbps. Dengan warna yang sama pada umumnya yaitu meliputi oren, putih-oren, hijau, putih-hijau, biru, putih-biru, coklat, dan putih-coklat.

b. Jack RJ-45

Jack RJ-45 mirip dengan jack pada telepon rumah namun ukurannya lebih besar dan terdiri dari 8 pin sesuai dengan jumlah kabel UTP.

c. Crimping Tools

Bentuknya mirip dengan tang pada umumnya, namun crimping tool berguna untuk menjepitkan kabel.

d. Cabel tester

Ini menjadi alat yang sangat penting karena akan menguji apakah kabel telah telah terpasang dengan baik atau tidak. Karena akan menjadi masalah apabila kabel tidak terpasang dengan baik walaupun susunan warna benar maka kabel juga tidak akan berfungsi.

2. Perakitan kabel UTP tipe straight

Selanjutkan kita akan membahas bagaimana cara memasang kabel UTP tipe straight. Akan dijelaskan secara lengkap berikut ini :

a. Kupas ujung kabel sekitar 1 cm, sehingga kabel kecil-kecil yang ada didalamnya terlihat.

b. Pisangkan kabel-kabel dan luruskan. Kemudian susun dan rapikan menurut warnanya meliputi Orange Putih, Orange, Hijau Putih, Biru, Biru Putih, Hijau, Cokelat Putih, dan {Cokelat}. {Sesudah} itu potong {komponen} ujungnya sehingga rata satu sama lain.

c. Sesudah kabel tertata, ambil Jack RJ-45. Seperti yang aku katakan tadi Jack ini terdiri dari 8 pin. Pin 1 dari jack ini ialah pin yang berada paling kiri kalau posisi pin menghadap Anda. Berurut ke kanan ialah jack 2, 3, dan seterusnya.

d. Kemudian masukkan kabel-kabel ke dalam Jack RJ-45 cocok dengan urutan tadi adalah sebagai berikut:

  • Orange Putih pada Pin 1
  • Orange pada Pin 2
  • Hijau Putih pada Pin 3
  • Biru pada Pin 4
  • Biru Putih pada Pin 5
  • Hijau pada Pin 6
  • Cokelat Putih pada Pin 7
  • Cokelat pada Pin 8.

e. Masukkan kabel sampai komponen ujungnya mentok di dalam jack.

3. Perakitan kabel UTP tipe Cross

Kabel cross merupakan kabel dengan susunan rona yg bhineka setiap ujungnya. Fungsi kabel cross itu dicoba untk menghubungkan device yg sama. Ini merupakan kebalikan dari kabel straight. Kabel cross itu lebih sedikit penggunaannya kalau dibandingkan dengan straight, tetapi Anda perlu tahu juga untk urutan rona kabel cross.

Contoh penggunaan kabel cross Menghubungkan komputer dengan komputer Menghubungkan switch dengan switch Menghubungkan hub dengan hub Menghubungkan router dengan router Susunan Rona Kabel Cross Kabel cross memiliki rona yg bhineka pada setiap ujungnya.

Buat itu Anda bisa memperhatikan urutan rona pada kabel cross berikut itu:

Susunan kabel cross ujung 1 meliputi

1. Putih orange

2. Orange

3. Putih hijau

4. Biru

5. Putih biru

6. Hijau

7. Putih coklat

8. coklat

Susunan kabel cross ujung 2 meliputi :

1. putih hijau

2.hijau

3. putih orange

4. biru

5. putih biru

6. orange

7. putih coklat

8. coklat

Tips dari Kami pedoman termudah mengingat urutan kabel cross/silang adalah dengan menukar urutan kabel straight angka 1 dan 3 menjadi 2 dan 6. Kabel cross ujung satunya urutan warnanya sama dengan kabel straight, yg bhineka cuma pada ujung satunya. Bagaimana mudah bukan mengingat susunan kabel cross dalam jaringan?

Leave a Reply

Your email address will not be published.